RPP mengenal bangun datar menggunakan PMRI

Berikut ini adalah RPP materi tentang mengenal bangun datar yang menggunakan PMRI. RPP ini dirancang bersama teman-teman saya di Universitas sriwijaya FKIP Matematika 2011 Indralaya, sumatera selatan. berikut adalah RPP nya.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

Nama Sekolah  : SD……

Mata Pelajaran  : Matematika

Kelas/Semester : I / I (satu)

Alokasi waktu   : 2 x 35 menit

A. Standar Kompetensi

Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana

B. Kompetensi Dasar

Mengelompokkan bangun datar

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Siswa dapat mengelompokan dan menyusun bangun-bangun datar lewat

permainan puzzle

  1.             2.  Siswa dapat mengenal bangun-bangun datar sederhana.

D. Tujuan Pembelajaran

Diharapkan Melalui pembelajaran ini siswa mampu:

  1. Menyusun bangun-bangun datar lewat bermain puzzle tangram.
  2. Mengenal bangun-bangun datar sederhana

 

E. Materi Pokok

Bangun datar

F. Pendekatan dan Metode

Pendekatan : PMRI

Metode : Diskusi, Penemuan terbimbing

 

G. Langkah-Langkah Pembelajaran:

         a. Kegiatan Awal (15 menit)

Aktivitas Guru

Aktivitas Siswa

Waktu

  1. Guru membuka pelajaran dengan menanyakan keadaan siswa,dan memberikan motivasi kepada siswa
  1. 2. Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan siswa bangun-bangun datar apa saja yang telah siswa pelajari sebelumnya.
  1. Guru menampilkan konteks dan video berupa permainan cengkleng,dan meminta siswa untuk menceritakan pengalamannya mengenai permainan tersebut dan menebak materi apa yang akan dipelajari

 

  1. Siswa menjawab pertanyaan dari guru, dan mendengarkan motivasi dari guru
  1. Siswa mengajukan diri (volunteer)  menjawab pertanyaan guru mengenai materi yang dipelajari sebelumnya.
  1. Siswa menceritakan

pengalamannya dan menebak materi yang akan dipelajari.

 

 

3 menit

2 menit

10 menit

          b. Kegiatan Inti (47 menit)

Aktivitas Guru

Aktivitas Siswa

Waktu

  1. Guru membagi siswa ke dalam kelompok yang beranggotakan 2-3 orang.
  1. Guru membagikan Lembar Kerja dan puzzle tangram pada masing-masing kelompok
  1. Guru memberi instruksi cara mengerjakan LKS
  1. Guru memberikan puzzle tangram kepada setiap kelompok dan menjelaskan bangun-bangun datar sederhana yang menyusun puzzle tangram tersebut
  1. Guru memberi contoh dengan sebuah cerita pendek dan siswa diminta  menerka jawabannya serta menyusun puzzle tangram yang diberikan menjadi bentuk suatu benda, hewan, tumbuhan, atau yang lainnya sesuai dengan kreativitas dan imajinasi siswa
  1. Guru menginstruksikan siswa untuk mengerjakan LKS dan meletakkan kreasi puzzle tangram setiap kelompok pada pada lembar yang disediakan di LKS masing-masing kelompok
  1. Guru meminta setiap kelompok untuk menceritakan  jawaban dan  mereka serta menempelkan kreasi tangram yang dibuat siswa di ruang kelas.

 

  1. Siswa terbagi menjadi kelompok-kelopok kecil yang terdiri dari 2-3 orang perkelompok
  2. Siswa menerima LKS dan puzzle tangram dari guru
  1. Siswa memperhatikan instruksi guru mengenai cara mengerjakan LKS
  2. Siswa menerima puzzle tangram dari guru dan mendengarkan penjelasan dari guru mengenai bangun datar yang membentuk tangram tersebut
  3. Setiap kelompok menerka jawaban dari cerita yang diberikan guru serta menyusun puzzle menjadi bentuk suatu benda, hewan, tumbuhan, atau yang lainnya sesuai kreativitas dan imajinasi mereka
  1. Siswa berdiskusi dan bekerja sama mengerjakan LKS secara berkelompok dan menempelkan kreasi tangram yang di buat pada lembar yang ada di LKS
  1. Setiap kelompok menceritakan jawaban dan kreasi yang mereka buat dan menempelkan kreasi tangram yang di buat di ruang kelas

2 menit

3 menit

3 menit

4 menit

15 menit

5 menit

15 menit

         c. Kegiatan Akhir (8 menit)

Aktivitas Guru

Aktivitas Siswa

Waktu

  1. Guru meminta siswa menyimpulkan tentang pelajaran hari ini dengan meminta siswa menceritakan apa yang mereka dapatkan atau ketahui dari materi yang dipelajari hari ini
  1. Guru merangkum kesimpulan siswa dan menutup pelajaran dengan memberikan salam
 

  1. Siswa menyimpulkan pelajaran denganmenceritakan apa saja yang mereka pelajari/dapatkan dari materi hari ini
  1. Siswa mendengarkan rangkuman kesimpulan dari guru dan membalas salam guru
 

 

5 menit

3 menit

 

 

H. Alat dan Sumber Pembelajaran

1. Lembar Kerja Siswa

  1. 2.  Potongan tangram.

3. Proyektor

4. video permainan cengkleng

Indralaya,  12  Juni 2013

Guru Mata Pelajaran,

(……………………………)

NIP…………………………….

Download File : RPP buat UAS ‘PMRI

About

Mahasiswa FKIP Matematika 2011 Universitas Sriwijaya... :)

Posted in PMRI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calendar Elva Harya
June 2013
M T W T F S S
« Mar    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Categories
Elva Mardayanti
elvaharya

elvaharya

Mahasiswa FKIP Matematika 2011 Universitas Sriwijaya... :)

View Full Profile →

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Pengunjung
  • 56,151 hits
BERMATEMATUALANG ( Belajar Matematika Unik, Asyik, Lucu, dan Menyenangkan)

Mathematics as a human activity (Freudhental : 1991)

MATHE

" Math Education Blog "

Math Problem Cases

How mathematics should be learned

X-Math

Kalimat: Kumpulan Ilmu Matematika

CATATAN SIMET (Si Math)

SIMET DAN PERMASALAHAN MATEMATIKA-NYA

xy - Math

Source and Share About Mathematics

Math Zone

Merangkai Matematika Mengubah Dunia

KusKus FunKi Math

Ku suka, Ku senang, Fun (menyenangkan), Ku Ingat Matematika

JI Mat

Jendela Ilmu Matematika

Rumahtematika

riapuspitasariii.wordpress.com

Math's Rainbow

When you can see the beauty of mathematics

METAMATIKA

matematika merangkai nusantara

Super SoulMath

All about Education,Mathematics in ICT

Rawa_Math

Always Think in Math

Sebel Matematika

Senang Belajar Matematika

Smurf_Math ^.^

Always together with Math

Mathematics and Heart

Semua berawal dari hati :)

YU_Math

Karya Anak Matematika

Solmathman

Mathematics Resources in Education & Science for Students and Teachers site

MATHmosphere

“Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, hidup di tepi jalan dan ketika dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah”.— Abu Bakar Sibli

(MaBelMAT) Mari Belajar Matematika Bersama

FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

%d bloggers like this: