A. Definisi Kurikulum
Definisi kurikulum yang secara formal tercantum dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang berbunyi :
“Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”.
Winarno Surakhmad (1977) yang mengemukakan bahwa “kurikulum sebagai suatu program pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai sejumlah tujuan-tujuan pendidikan tertentu.”
Jadi, dapat disimpulkan bahwa Kurikulum adalah suatu program pendidikan yang telah direncanakan dan disusun untuk dilaksanakan dan dijadikan pedoman dan pegangan terutama bagi tenaga pengajar dan siswa yang berisi tentang program – program kurikulum berupa program dari masing-masing mata pelajaran yang disesuaikan dengan tujuan-tujuan pendidikan yang ingin dicapai melalui sekolah yang bersangkutan baik secara keseluruhan maupun dalam mata pelajaran dengan menggunakan strategi pelaksanaan yang ditempuh untuk melaksanakan pembelajaran cara dalam menilai, dan cara dalam mengatur kegiatan sekolah secara keseluruhan.
B. keterkaitan antara komponen-komponen kurikulum!
berikut ini adalah keterkaitan antara komponen kurikulum : Program kurikulum berisi jenis-jenis mata pelajaran yang diajarkan di sekolah tersebut dan berisi program dari masing-masing mata pelajaran yang berupa uraian dalam bentuk pokok bahasan yang dilengkapi dengan mengacu kepada tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam mata pelajaran bersangkutan . Isi dari program-program kurikulum ini disesuaikan dengan tujuan-tujuan pendidikan yang ingin dicapai melalui sekolah tersebut baik secara keseluruhan maupun dalam mata pelajaran. Untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut, digunakan strategi pelaksanaan suatu kurikulum yang tergambar dari cara yang ditempuh dalam melaksanakan pembelajaran, cara dalam menilai, dan cara dalam mengatur kegiatan sekolah secara keseluruhan. Jadi, kesimpulannya isi kurikulum disesuaikan dengan tujuan pendidikan yang hendak dicapai melalui sekolah tersebut dan untuk mencapai tujuan tersebut digunakan strategi pelaksanaan suatu kurikulum.
C. Alasan Kurikum Suatu Sekolah Perlu diketahui oleh sekolah yang berada pada tingkatan diatasnya
Kurikulum Suatu Sekolah Perlu Kurikulum suatu sekolah perludiketahui oleh sekolah yang berada pada tingkatan diatasnya karena dengan mengetahui kurikulum sekolah yang berada dibawahnya, maka sekolah tersebut dapat menyesuaikan dengan kurikulum yang akan mereka ajarkan. Apabila suatu pelajaran telah diajarkan oleh sekolah yang berada dibawahnya,, maka sekolah tersebut dapat memikirkan kembali apakah masih perlu atau tidak pelajaran tersebut dimasukkan kedalam kurikulum. Dan sebaliknya apabila sekolah yang berada dibawahnya belum mengajarkan mata pelajaran tersebut tetapi pelajaran tersebut sangat dibutuhkan untuk pelajaran-pelajaran berikutnya,, maka sekolah dapat memikirkan kembali apakah pelajaran tersebut perlu dimasukkan kembali kedalam kurikulum. Selain itu di tingkat perguruan tinggi pada jurusan yang menyiapkan tenaga pendidik perlu mengetahui kurikulum sekolah yang berada dibawahnya supaya para calon tenaga pendidik mengerti materi-materi apa saja yang akan diajarkan nanti supaya mereka tidak kebingungan apabila telah berhadapan langsung dengan dunia kerja mereka di Sekolah.
Leave a comment