Web Based Lesson : Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Matematika

Materi Pokok : Garis dan Sudut

Kelas/ Semester : VII / 2

Waktu : 2 x 40 menit

A. Standar Kompetensi

 5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.

B. Kompetensi Dasar

5.1    Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut.

C. Indikator

1. Menjelaskan kedudukan dua garis ( sejajar, berpotongan, berimpit, bersilangan).

2. Mengenal satuan sudut (derajat,  menit, detik).

3. Menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan satuan sudut.

5. Mengukur besar sudut dengan busur derajat.

6. Menjelaskan perbedaan Jenis sudut ( siku, lancip, tumpul).

D. Uraian Materi

1. Pengertian sudut dan garis

2. Kedudukan dua garis

3. Satuan Sudut

4. Mengukur besar sudut dengan busur derajat

5. Jenis Sudut

E. Pengalaman Belajar

1. Menjelaskan kedudukan dua garis

2. Menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan satuan sudut.

3. Mengukur besar sudut dengan busur derajat.

4. Membedakan jenis-jenis sudut

F. Materi Pembelajaran

Pernahkah kalian melihat gambar berikut?

Ya, pasti kalian pernah melihat gambar tersebut. itu adalah gambar Jembatan. tahukah kalian bahwa jembatan yang sering kalian lihat bahkan kalian lalui itu mempunyai banyakbahan pembelajaran matematika. dalam jembatan tersebut diantaranya mengandung hubungan antara dua garis dan sudut.

okeh untuk lebih paham lagi ayok kita mulai saja pembelajaran kita.

1.Pengertian sudut dan garis

Garis adalah komponen pembentuk bangun datar dan bangun ruang. dalam matematika, garis dilambangkan dengan (). Garis selalu digambarkan sebagai garis lurus yang kedua ujungnya memiliki anak panah.

Sudut adalah pertemuan/ perpotongan dua garis yang dilambangkan (∠) . sudut merupakan bangun yang bersisi dua dan sisi-sisinya bersekutu pada salah satu ujungnya. untuk lebih jelas lagi tentang sudut klik link berikut : Sudut

2. Kedudukan dua garis

Jika kita membuat dua garis maka ada empat kemungkinan kedudukan kedua garis tersebut, yaitu sejajar, berpotongan, berimpit, atau bersilangan. untuk lebih paham silahkan klik link berikut : Kedudukan Dua Garis

3. Mengenal satuan Sudut

untuk menyatakan besar suatu sudut digunakan satuan derajat, menit, dan detik.

* Derajat (secara lengkap, derajat busur), biasanya disimbolkan dengan °, adalah ukuran sudut yang dapat dibentuk pada sebuah bidang datar, menggambarkan 1/360 dari sebuah putaran penuh

*Menit busur adalah unit pengukuran anguler atau pengukuran sudut, setara dengan 1/60 dari satu derajat. Satu derajat adalah 1/360 keliling lingkaran penuh, sehingga satu menit adalah 1/21.600 dari satu keliling lingkaran penuh.

*Detik busur satuan yang lebih kecil dari menit busur.

untuk lebih jelas lagi tentang satuan sudut klik link berikut : Satuan sudut

4. Mengukur besar sudut dengan busur derajat.

okeh supaya lebih jelas silahkan lihat video berikut ini untuk tahu bagaimana mengukur besar sudut menggunakan busur derajat

Nah sudah lihat kan videonya? untuk tahu cara-cara yang lebih jelas lagi silahkan klik link berikut : Mengukur besar sudut.

5. Jenis-jenis sudut

Jenis-jenis sudut berdasarkan ukuran sudutnya adalah sudut tumpul, lancip, siku-siku, lurus dan refleks. untuk lebih lengkapnya silahkan klik link berikut : jenis-jenis sudut

G. METODE PEMBELAJARAN

Tanya jawab dan diskusi

H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. siswa memperhatikan terlebih dahulu konteks yang diberikan yaitu jembatan, hal tersebut menjadi pendahuluan dalam pembelajaran.

2. kemudian siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3-4 orang perkelompok

3. sisw berdiskusi pada materi mengukur sudut dan membuat langkah-langkah tersendiri dalam mengukur sudut

4. perwakilan setiap kelompok mempersentasikan hasil diskusi mereka.

5. Siswa mengerjakan latihan berikut (klik link dibawah ini untuk memulai latihan soal)

LATIHAN

6. guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran mereka

I. ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

1. Komputer/ laptop

2. LCD dan layar proyektor

3. Koneksi internet yang baik untuk mengakses materi

4. Buku Paket

J. PENILAIAN

Proses : Keaktifan siswa didalam kelas

Tertulis : Tes

Untuk memulai Tes silahkan klik Link berikut : TES

SUMBER

http://belajar.kemdiknas.go.id/index3.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/SMP/view&id=496&uniq=4632

http://belajar.kemdiknas.go.id/index3.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/SMP/view&id=496&uniq=4634

http://belajar.kemdiknas.go.id/index3.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/SMP/view&id=496&uniq=4635

http://belajar.kemdiknas.go.id/index3.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/SMP/view&id=496&uniq=4636

http://belajar.kemdiknas.go.id/index3.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/SMP/view&id=496&uniq=4637

http://belajar.kemdiknas.go.id/index3.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/SMP/view&id=496&uniq=4684

http://belajar.kemdiknas.go.id/index3.php?display=view&mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Materi%20Pokok/SMP/view&id=496&uniq=4685

http://blogmtkmengasyikan.blogspot.com/2012/02/pengertian-garis-dan-sudut.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Derajat_%28satuan_sudut%29

http://id.wikipedia.org/wiki/Menit_busur

http://id.wikipedia.org/wiki/Detik_busur

https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=EeGKfWKGS_c

About these ads
About

Mahasiswa FKIP Matematika 2011 Universitas Sriwijaya... :)

Posted in ICT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Calendar Elva Harya
June 2013
M T W T F S S
« Mar    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Categories
Elva Mardayanti
elvaharya

elvaharya

Mahasiswa FKIP Matematika 2011 Universitas Sriwijaya... :)

View Full Profile →

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Pengunjung
  • 34,358 hits
BERMATEMATUALANG ( Belajar Matematika Unik, Asyik, Lucu, dan Menyenangkan)

Mathematics as a human activity (Freudhental : 1991)

MATHE

" Math Education Blog "

Math Problem Cases

How mathematics should be learned

X-Math

Kalimat: Kumpulan Ilmu Matematika

CATATAN SIMET (Si Math)

SIMET DAN PERMASALAHAN MATEMATIKA-NYA

xy - Math

Source and Share About Mathematics

Math Zone

Merangkai Matematika Mengubah Dunia

KusKus FunKi Math

Ku suka, Ku senang, Fun (menyenangkan), Ku Ingat Matematika

JI Mat

Jendela Ilmu Matematika

Rumahtematika

riapuspitasariii.wordpress.com

Math's Rainbow

When you can see the beauty of mathematics

METAMATIKA

matematika merangkai nusantara

Super SoulMath

All about Education,Mathematics in ICT

Rawa_Math

Always Think in Math

Sebel Matematika

Senang Belajar Matematika

Smurf_Math ^.^

Always together with Math

Mathematics and Heart

Semua berawal dari hati :)

YU_Math

Karya Anak Matematika

Solmathman

Mathematics Resources in Education & Science for Students and Teachers site

MATHmosphere

“Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, hidup di tepi jalan dan ketika dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah”.— Abu Bakar Sibli

(MaBelMAT) Mari Belajar Matematika Bersama

FKIP MATEMATIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: